Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Seni Musik Kreasi Beserta Jenis, Fungsi, dan Konsep

Daftar Isi:
  1. Pengertian Seni Musik Kreasi
  2. Jenis Seni Musik Kreasi
  3. Fungsi Seni Musik Kreasi
  4. Konsep Seni Musik Kreasi
Halo sobat Musik-11, bagi kalian yang masih duduk di bangku sekolah tentu menjumpai pelajaran Seni Budaya. Salah satu cabang ilmu yang dipelajari adalah Seni Musik. Dalam Seni Musik ada Seni Musik Kreasi. Apakah yang dimaksud dengan Seni Musik Kreasi itu?

Pengertian Seni Musik Kreasi

Seni Musik Kreasi adalah seni dari hasil pengolahan suara, ritme, harmoni, vokal, melodi, dan tempo yang dikemas menjadi satu menjadi sebuah musik yang nantinya dapat kita nikmati.

Pasti saat membaca musik kreasi terbesit pada pikiran kalian kata KREASI. Kalau kalian beranggapan kata kreasi di sini adalah hasil dari kretivitas musikus, maka kalian benar.

Musik jenis ini tumbuh dan berkembang menjadi beragam jenis loh teman-teman. Contohnya saja seperti musik klasik, tradisional, kontemporer, hingga modern. Nanggung banget kalau nggak dijelasin apa saja penjelasan dan contoh jenis-jenis musik tersebut.

Masa pandemi gini membuat sekolah dilakukan secara daring. Oleh karena itu kamu harus cari provider internet murah terbaik yang mendukungmu selama School From Home.

Jenis Seni Musik Kreasi

1. Musik Tradisional

Yang pertama yang akan kita bahas adalah musik tradisional.

Sesuai namanya, musik tradisional itu musik yang berkembang di kalangan masyarakat. Musik ini sangat dipengaruhi oleh adat, budaya, hingga tradisi suatu daerah tertentu.

Secara umum, musik tradisional menggunakan bahasa daerah dan alat musik tradisional khas daerah tersebut. Misalnya saja alat musik Kolintang yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Musik tradisional ini merupakan warisan budaya leluhur yang wajib kita jaga dan lestarikan. Bagaimana cara menjaga warisan budaya leluhur? Yakni dengan cara mempelajarinya.

2. Musik Modern

Musik modern ini termasuk jenis musik kreasi baru. Musik ini lahir dari perkembangan jenis musik sebelumnya seperti tradisional dan klasik. Kreasi musik jenis ini biasanya bersifat dinamis mengikuti perkembangan masyarakat.
apakah yang dimaksud dengan seni musik kreasi
Musik EDM, indie, hingga rock merupakan contoh musik modern.

3. Musik Klasik

Tau lah sesuai namanya, klasik yang artinya udah lama banget. Musik ini diperkirakan lahir pada akhir abad ke-18. Musik klasik juga merupakan musik kuno. (Suharto, 1992:63) musik klasik hidup serta berkembang di lingkungan kaum bangsawan, di lingkungan istana, dan keraton.

Contoh tokoh musik klasik antara lain: Mozart, Beethoven, dan Chopin.

4. Musik Kontemporer

Menurut (Dieter Mack, 2001:35) kontemporer dianggap sebagai salah satu gaya tertentu yang diartikan sebagai suatu sikap menggarap di ujung perkembangan seni yang digeluti.

Suatu hal yang ada di dunia ini memiliki fungsi, begitu juga dengan musik kreasi. Lantas...

Apa Fungsi Musik Kreasi?

a. Meluapkan Emosi

Di sini musik dapat berguna sebagai sarana untuk meluapkan emosi baik penulis lagu atau penikmat musik. Kalau istilah sekarangnya mah musik untuk galau dan baper.

b. Sarana Hiburan

Musik kembali ke fungsi awalnya di sini, yakni untuk media penghibur. Misalnya kamu datang ke konser Ardhito Pramono, selain kalian suka ama doi, menikmati lagunya, kan kalian juga mau menghibur diri.

c. Untuk Menyambut Tamu

Contohnya digunakan di Keraton Jogjakarta, jika ada tamu negara maka disambut dengan musik tradisional yang diiringi dengan beberapa alat musik tradisional seperti gamelan.

Untuk mengetahui lebih lanjut apa saja fungsi musik kreasi dapat dilihat dalam file Google Docs online ini. Kami membuatkan rangkuman lebih lengkap mengenai MUSIK KREASI.

Sebutkan Konsep Musik Kreasi

i. Tangga Nada

Konsep yang pertama adalah tangga nada. Yang kita tau tangga nada adalah susunan nada atau tingkatan bunyi. Secara umum nada berisikan do, re, mi, fa, sol, la, si (7 buah).
pengertian seni musik kreasi - tangga nada
Itu merupakan tangga nada mayor. Tingkatan intervalnya 1 semua kecuali mi ke fa dan la ke si 1/2.

ii. Suara

Berikutnya adalah suara. Menurut KBBI Online, suara adalah bunyi yang dikeluarkan dari mulut manusia (seperti pada waktu bercakap-cakap, menyanyi, tertawa, dan menangis), bunyi binatang, alat perkakas, dan sebagainya.

iii. Durasi

Yang terakhir ada durasi. Menurut (Galettis, 2009) durasi berhubungan dengan panjang pendek nada dan tanda istirahat dalam suatu karya musik.

Kami membuat rangkuman tentang Seni Musik Kreasi lebih lengkap daripada artikel ini dalam PDF. Anda dapat mengunduhnya secara gratis dengan klik tombol di bawah ini. File berada dalam Google Drive.

Kalau ingin mengikuti update rangkuman tentang Seni Musik Kreasi lebih baik lihat versi Docs nya secara online.

Seperti itulah kira-kira penjelasan materi Seni Musik Kreasi kali ini. Kita telah membahas mengenai pengertian, jenis, fungsi, konsep, hingga contoh tiap bagian. Semoga kalian paham ya dengan materi yang tidak terlalu banyak ini.

Sebagai informasi tambahan kita juga membahas tentang Pengertian musik tradisional beserta contoh dan asal sumber. Silakan dibaca juga ya guys. Jangan lupa juga cari provider internet rumah selama SFH, contohnya XL Home tuh.

Musik-11
Musik-11 Web Musik-11.com sekarang membahas berbagai macam topik, salah satu yang kita fokuskan adalah tentang Drama Korea. Silahkan follow Twitter kita, like fanspage kita, dan gabung di grup Musik-11 ya di Facebook.

Posting Komentar untuk "Pengertian Seni Musik Kreasi Beserta Jenis, Fungsi, dan Konsep"

Tertarik?
Join grup Nonton Drama Korea di Facebook agar dapat info streaming & download yang up to date 🥰 Free kok.