Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apakah Mereset Laptop Bisa Menghilangkan Virus? Ini Cara yang Lebih Tepat!

cara menghilangkan virus di laptop tanpa aplikasi

Musik-11.com - Halo sobat, setelah dua hari yang lalu kita bikin kategori membahas teknologi dan telah menulis artikel pertama yang membahas cara mengganti email Facebook, kali ini kita akan membahas cara menghilangkan virus di laptop tanpa aplikasi.

Berawal dari pertanyaan "Apakah mereset laptop bisa menghilangkan virus?" Jawabannya tidak!. Mengapa demikian? Sebab saat laptop direset atau direstart itu tidak akan menghilangkan data-data termasuk virus yang menempel. Beda lagi kalau kamu menginstal ulang laptop kamu seperti menjadi baru.

Kalau virus yang ringan-menengah akan hilang apabila laptop diinstal ulang. Namun, ada jenis virus di laptop yang sungguh membandel dan sangat merugikan. Bahkan diinstal ulang pun masih nempel ntah di mananya, yaitu ransomware. Sebaiknya baca terlebih dahulu jenis-jenis virus laptop di bawah ini.

3 Jenis Virus Komputer yang Berbahaya dan Cara Pencegahan

Berikut kita sajikan 3 jenis virus saja ya beserta cara pencegahannya. Sebenarnya virus itu sangat banyak jenisnya, tetapi untuk artikel ini kita bahas 3 saja yang paling diketahui orang.

1. Worms

gambar-virus-worms
Sumber gambar : pngio.com

Virus yang pertama adalah worms. Sebenarnya tingkat bahayanya tidak lebih dari 70%. Worms sebenarnya adalah program yang begitu mirip dengan virus. Yang mana Worms memiliki kemampuan untuk menduplikasi diri dengan cepat.

Seperti namanya, worms alias cacing ini akan dengan cepat memakan banyak memori penyimpananmu. Worms juga akan membuat file yang tidak berguna di laptopmu apabila terinfeksi.

Tempat ; biasanya bersarang atau diletakkan dengan sengaja di tempat yang terhubung dengan internet misalnya di e-mail dan koneksi internet.

Cara pencegahan virus Worms ; gunakanlah antivirus baik yang biasa maupun pro. Akan tetapi, ingat! Jangan gunakan antivirus yang hanya bisa melindungi flashdisk saja dan bukan keseluruhan sistem laptop.

2. Trojan

gambar-virus-trojan
Sumber gambar : www.eset.com
Yang kedua adalah Trojan. Diambil dari kata Trojan Horse alias Kuda Troya. Konsepnya sama seperti kuda troya yang biasa dipakai dalam acara ulang tahun sebagai tempat menyimpan hadiah atau nama lainnya pinata.

Sebenarnya Trojan ini tidak termasuk dalam jenis virus, tetapi masuk ke kategori malware yang paling umum. Namun, sifatnya yang sama-sama meresahkan membuat Trojan kerap disebut virus.

Trojan ini tidak berdiri sendiri. Trojan menyamarkan dirinya sebagai program atau aplikasi yang kamu download atau bahkan sudah ada di laptopmu. Jadi, secara kasat mata tidak bisa terdeteksi.

Apabila terdeteksi laptopmu terkena Trojan, maka pemilik malware ini akan mengendalikan perangkatmu, mengambil data-data penting di laptopmu, mengunduh atau menjalankan program berbahaya lainnya tanpa sepengetahuanmu.

Tempat ; include dalam aplikasi yang tidak tepercaya. Hati-hati saat menginstal sebuah aplikasi dan di dalamnya disuruh menginstal aplikasi lainnya. Jangan langsung klik Next aja!

Cara pencegahan malware Trojan ; Gunakanlah antivirus yang memiliki fitur Trojan Hunter atau Trojan Remover sehingga dapat mendeteksi adanya Trojan di dalam aplikasi atau laptopmu. Antivirus yang disarankan adalah ESET, Kaspersky, BitDefender, Norton, dan MalwareBytes Anti-Malware.

3. FAT Virus

FAT (File Allocation Table) sejatinya adalah format penyimpanan file yang biasa kamu temui dalam flashdisk. Sesuai dengan namanya FAT Virus menyerang jenis-jenis file tertentu.

Tempat ; harddisk atau bahkan flashdisk

Cara pencegahan virus FAT ; gunakanlah anti virus dengan database terupdate. Sejatinya virus jenis ini sudah masuk dalam karantina database antivirus yang terkenal sehingga kalau ada di laptopmu maka akan otomatis bakal dihapus saat scanning.

Cara Membersihkan Virus di Laptop Tanpa Aplikasi

Langsung saja masuk ke pembahasan utama kita.

1. Menggunakan CMD

CMD (Command Prompt) adalah baris perintah penerjemah di Windows. Sebenarnya CMD hanya bisa membantu untuk mengecek partisi mana yang terjangkit virus. Untuk membersihkannya dilakukan secara manual. Pembahasan lebih lengkap tentang cara menggunakan CMD untuk mengecek virus di laptop akan kita bahas di lain waktu ya.

2. Format Partisi

Format partisi tentu saja akan menghilangkan data-datamu dan virus-virus yang menempel di partisi tersebut juga akan hilang. Sebaiknya back up dulu apabila kamu melakukan tindakan alternatif ini. Oh ya sekadar info aja nih terkadang format partisi tidak akan membuat laptopmu bebas virus. Sebab beberapa virus sudah menduplikasi dirinya ke dalam file registry.

3. Instal Ulang Windows

Mengapa kami menyebutkan Windows dalam kata instal ulang? Sebab, laptop yang paling sering terkena virus adalah laptop bersistem operasi Windows. MacOS atau Linux hampir jarang atau tidak pernah terkena virus ringan seperti yang dialami pengguna Windows.

Terima kasih telah menyimak pembahasan tentang apakah mereset laptop dapat membersihkan virus dan bagaimana cara yang lebih tepat dan sedikit info tentang jenis-jenis virus yang ada di laptop.

Musik-11
Musik-11 Halo gue admin Musik-11.com jadi sebenarnya ini blog awalnya gue bikin iseng doang an. Kuy mutualan guys di Twitter.

Post a Comment for "Apakah Mereset Laptop Bisa Menghilangkan Virus? Ini Cara yang Lebih Tepat!"