Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menabung Uang Jajan untuk Beli HP bagi Pelajar + STUDI KASUS

Musik-11.com - Halo sobat, kali ini kita akan melanjutkan seri Tips Menabung. Tema yang akan kita bahas sekarang adalah bagaimana cara menabung uang jajan untuk beli HP bagi pelajar dengan berbagai cara.

Cara ini dapat kamu coba baik yang uang jajannya 2000, 5000, 10 ribu, 15 ribu, 20 ribu maupun 50000. Perbedaannyaa hanya terletak pada durasi menabung. Semakin banyak uang yang kamu tabung, maka semakin cepat juga kamu bisa beli HP.

Cara Menabung Uang Jajan 2000 untuk Beli Gadget

cara menabung uang jajan untuk beli hp
Dokumen pribadi

Langsung saja simak di bawah ini cara-cara menyimpan uang untuk keperluan membeli HP baru bagi pelajar yang duitnya pas-pasan. Kita mulai dari yang 2000 dulu ya.

1. Tentukan mau beli HP berapa duit

Ini mah wajib banget kamu lakuin agar dapat diestimasi seberapa lama kamu akan menabungnya. Kamu juga harus realistis dan kerja keras karena HP dengan fitur yang lumayan rata-rata di atas 1 juta semua.

Nanti akan kami buatkan studi kasusnya di bawah setelah tips-tips.

2. Rutin menabung jangan bolong

Kalau kamu setiap harinya dikasih uang jajan 10.000 sama orang tua dan hanya disisihkan 2000 untuk menabung, berarti kamu harus rutin tidak boleh bolong menabungnya setiap hari.

3. Cari kerja sampingan

Kerja sampingan ini gunanya untuk menambah-nambah duit tabungan kamu agar lebih cepat terkumpulnya untuk membeli smartphone yang kekinian.

CONTOH STUDI KASUS

cara menabung uang jajan 2000 untuk beli hp

Misalnya si X ingin membeli HP baru karena handphone lamanya sudah pecah layarnya. Setiap harinya dia diberi uang saku 10000 dan hanya 2000 saja yang ditabung karena dia orangnya suka makan di kantin.

Bagaimana cara dia agar bisa membeli hp baru dengan hanya menabung 2000 setiap hari?

Si X menentukan dulu mau beli HP apa, spesifikasinya bagaimana, dan harganya berapa. 

Si X akhirnya memutuskan untuk membeli smartphone Samsung Galaxy M11 3/32GB karena dia butuh baterai yang awet, penyimpanan lumayan, dan harga tidak sampai 2 juta.

Dia menargetkan agar bisa membeli HP dalam waktu setahun ke depan. Berarti dengan menabung 2000 setiap hari maka setahun akan terkumpul uang 720 ribu.

(2000 x 30 = 60.000 | 60.000 x 12 = 720.000)

Harga Galaxy M11 bulan November ini turun menjadi Rp1.727.000. Artinya si X masih kurang uang Rp1.007.000.

Untuk mengatasi ini si X memutuskan untuk kerja sampingan agar mendapat uang tambahan uang membeli HP. Dia yang masih SD meminta ibunya untuk dikasih tambahan duit 2000 setiap hari karena bersih-bersih rumah dan cuci piring.

Si X mendapat tambahan Rp720.000 selama setahun bersih-bersih rumah dan cuci piring. Dia masih membutuhkan Rp287.000 lagi. 

Untuk menutupi kekurangan duitnya dia menanyai tetangganya apa mau dibantu menyapu halamannya seminggu 3x dengan bayaran 10 ribu/minggu. Tetangganya setuju.

Kini X mendapat uang tambahan 10.000 x 4 = 40.000/bulan. Lalu, 40.000 x 12 bulan = Rp480.000.

Tambahan uang 480.000 yang mana sisanya kekurangan membeli HP hanyalah 287.000 berarti X malah punya uang lebih Rp193.000.

Nah, seperti itulah kira-kira contoh studi kasus masalah nyata dalam kehidupan yang dapat kamu coba. Emang sih jangka waktunya sangat lama 1 tahun, ya karena hanya 2000 yang ditabung.

Jangan malu untuk melakukan pekerjaan sampingan walau itu sekadar menyapu halaman depan rumah tetangga kalian. Demi bisa beli HP baru mah gass pol.

Cara Menabung Uang Saku 5000 untuk HP Baru

Sebelumnya, kami menyarankan untuk kamu membaca 15 Tips Menabung untuk Pelajar, baru setelah baca tipsnya baca caranya di sini 😁.

1. Tentukan mau beli HP baru atau second

Dengan menentukan mau beli HP baru atau bekas, ini akan berpengaruh seberapa lama kamu akan menabungnya.

Menabung untuk membeli hp second tentu akan lebih cepat karena secara harganya lebih murah untuk hp jenis yang sama, tetapi baru.

2. Mau berapa lama menabung

Agar dapat menjawab pertanyaan ini, kamu harus tanya kepada diri sendiri seberapa butuh hp baru. Kalau butuh banget berapa bulan tuh, 1, 2, atau 3 bulan harus sudah punya ponsel baru.

Kalau membeli hp baru hanya untuk mengikuti perkembangan trends smartphone, kami menyarankan untuk menabung dalam jangka panjang.

Mengapa? Karena semakin lama HP murah semakin canggih fiturnya. Kamu tidak perlu beli HP diatas 10 juta hanya untuk bermain Mobile Legends, PUBGM, atau Free Fire karena HP dengan Snapdragon 720G kelas harga di bawah 5 juta saja sudah cukup banyak.

3. Rutin menabung setiap hari

Sama halnya seperti pada studi kasus di atas. Kamu harus konsisten menabung setiap hari tidak boleh bolong. Karena bolong sehari saja maka target kamu bisa mundur.

4. Kamu butuh pekerjaan sampingan

Sebab menabung rutin 5000 setiap bulan lalu selama setahun saja kamu baru mengumpulkan duit 1.8 juta. Kalau kamu ingin beli HP second bisa lah, tapi kalau untuk beli HP baru di atas 2.5 juta berarti butuh uang tambahan.

Tips Menyisihkan Uang Jajan 20000 untuk Beli HP

Misalnya kamu saat ini sebagai anak SMP sehari diberi uang jajan 20000 oleh orang tuamu. Kamu kepikiran gimana ya cara agar bisa beli HP, tetapi aku masih tetep bisa beli jajan. beli makanan ini itu, dan masih bisa nongkrong. Simak tipsnya.

1. Bagi pengeluaran 50/30/20

Tips cara menabung anak SMP untuk beli HP yang pertama adalah dengan membagi pengeluaran setiap harimu.

Berarti 50% untuk ditabung, 30% untuk pengeluaran, dan 20% untuk uang darurat. Ini terlepas dari biaya misalnya kamu perlu beli buku LKS dan sebagainya ya.

2. Pilih mau beli HP baru atau bekas

Alasannya seperti yang sudah-sudah.

3. Perhitungkan

Contoh perhitungannya seperti ini. Misanya kamu mau membeli HP Poco X3 NFC varian 6/64GB dengan harga Rp3.099.000 awal rilis.

Dengan besaran uang yang ditabung 50% dari 20.000 berarti 10 ribu maka dalam sebulan kamu mengumpulkan 300 ribu.

Untuk mencapai jumlah 3 juta berarti sekitar 10 bulan lebih sedikit baru terkumpul. Kalau kamu butuh ganti HP cepet, durasi 10 bulan menabung itu sangat lama. Target 5 bulan misalnya.

Berarti kamu hanya mengumpulkan 1.5 juta jika menabung 300 ribu per bulan dalam jangka 5 bulan. Kurang 1.6 jt lagi. Dari mana bisa mendapatkan uang tambahan 1.6 juta?

4. Freelance

Caranya adalah dengan mencari uang tambahan lewat freelance. Anak SMP akhir menjelang SMA biasanya sudah mulai mempunyai skill yang menjual.

Nah, manfaatkan skill kamu untuk mendapatkan uang dengan menjadi pekerja lepas misalnya di bidang jasa desain, jasa printing, jasa bikin banner, jasa pembuatan artikel, gitu gitu.

Kalau dari freelance kamu mendapatkan 350 ribu dalam sebulan, berarti dalam 5 bulan kamu akan mendapatkan 1.75 juta. Sudah mencukupi kekurangan 1.6 juta untuk membeli HP Poco X3 NFC yang baru.

Demikianlah tips dan cara menabung uang jajan sekolah untuk membeli hp baru ataupun bekas tentu tanpa merepotkan orang tua yang berlebihan kayak langsung minta dari orang tua tanpa adanya usaha.

Jangan mau jadi anak yang merepotkan orang tua terus dengan apa-apa minta tanpa usaha.

Musik-11
Musik-11 Halo gue admin Musik-11.com jadi sebenarnya ini blog awalnya gue bikin iseng doang an. Kuy mutualan guys di Twitter.

Post a Comment for "Cara Menabung Uang Jajan untuk Beli HP bagi Pelajar + STUDI KASUS"